Bagaimana cara mengganti layar laptop yang rusak

How to replace a broken laptop screen - TechRepublicSebelum Anda mengganti layar laptop Anda

Sebelum melakukan apa pun, periksa dan periksa laptop Anda sepenuhnya untuk memastikan layarnya benar-benar perlu diganti. LAyar yang rusak juga dapat disebabkan saat membersihkan layar dengan tidak tepat. Beberapa tips Membersihkan Layar Laptop benar dan aman .

Jika kartu grafis pada motherboard mati, misalnya, Anda mungkin membuang-buang waktu dan tenaga untuk mengganti layar yang sangat bagus. Selain itu, jika laptop baru-baru ini terjatuh atau mungkin terluka secara fisik, Anda juga perlu memeriksa ulang kerusakan lainnya.

Untuk memastikan kartu grafis berfungsi, Anda dapat memasang monitor desktop atau TV ke laptop, karena kebanyakan memiliki monitor VGA biru standar dan / atau output HDMI. Jika gambar terlihat bagus pada tampilan eksternal, kemungkinan besar kartu grafis Anda bagus dan layarnya bermasalah. Jika Anda tidak mendapatkan gambar apa pun, perlu diingat beberapa laptop mengharuskan Anda menekan tombol fungsi tertentu di laptop untuk mengaktifkan output layar eksternal. Jika Anda melakukannya dan video masih tidak ditampilkan, kartu grafis dan / atau motherboard Anda kemungkinan besar rusak, bukan layar Anda.

Menemukan layar laptop pengganti

Karena peringatan krusial itu, sebelum membeli LCD baru, ada baiknya untuk mencoba melepas layar yang rusak terlebih dahulu, untuk memastikan Anda dapat melakukan penggantinya. Jika, setelah mengikuti beberapa langkah pertama, prosesnya terlihat berbeda untuk laptop Anda, saya sarankan untuk menjelajahi Google dan YouTube atau mencari ahli perbaikan untuk bantuan lebih lanjut tentang merek dan model laptop Anda yang sebenarnya.

Menemukan LCD pengganti biasanya mudah — dan Anda tidak perlu membayar harga gila yang biasanya diinginkan pabrikan. Cukup cari di InfoSekilas.com nomor model laptop Anda dan kata-kata layar LCD . Anda akan menemukan sebagian besar layar biasa dapat dimiliki . Jika Anda tidak menemukan apa pun, coba nomor identifikasi lain dari label laptop atau dokumentasi. Beberapa vendor memiliki satu atau dua set nomor identifikasi berbeda yang dapat berfungsi sebagai nomor model Anda.

Saat berbelanja LCD, sebagian besar penjual akan mengingatkan Anda untuk membandingkan spesifikasi dan penempatan kabel video di bagian belakang layar mereka dengan layar Anda saat ini. Ini adalah alasan lain untuk membuka bezel laptop sebelum memesan penggantinya. Namun dari pengalaman saya sendiri, jika penjual mengatakan layar tersebut kompatibel dengan model laptop Anda, biasanya berfungsi.

Cara memperbaiki layar laptop Anda yang rusak

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki alat yang tepat. Inilah yang berfungsi untuk kebanyakan laptop:

  • Meja atau area kerja datar lainnya: Anda memerlukan tempat untuk duduk (atau berdiri, jika itu milik Anda) dengan area datar untuk bekerja di laptop Anda. Ini memberi Anda alasan untuk membersihkan meja makan atau meja makan yang berantakan.
  • Obeng philips magnetik kepala kecil : Tidak kecil seperti obeng mini dari kit perbaikan kacamata, tapi menurut saya antara ukuran itu dan obeng ukuran sedang akan berhasil. Jika Anda tidak memiliki obeng magnet, cobalah mencari magnet yang cukup besar untuk menarik kepala pengemudi. Ini membantu sekrup menempel di kepala, sehingga lebih mudah untuk melepas dan memasang kembali sekrup tanpa mengutuk saat jatuh di semua tempat.
  • Pin atau jarum pengaman: Ini untuk melepaskan stiker penutup yang menyembunyikan sekrup pada penutup sekeliling laptop Anda, yang disebut bezel.
  • Pisau dempul plastik atau benda tipis lainnya: Ini opsional, untuk membantu mencungkil bezel layar dari casing. Secara pribadi, kuku jari saya biasanya berhasil. Jika Anda menggunakan benda lain, pastikan benda tersebut cukup tipis tetapi tidak terlalu tajam sehingga akan meninggalkan goresan atau bukti lain yang mencongkel.
  • Mangkuk kecil atau wadah lain: Ini untuk menyembunyikan sekrup kecil — dan menjaganya dari kucing dan anak-anak yang penasaran.

Langkah-langkah umum ini berfungsi untuk kebanyakan laptop:

  1. Pastikan laptop dicabut dari adaptor AC. Lepaskan juga baterai laptop.
  2. Temukan stiker penutup bundar yang menyembunyikan sekrup di bezel layar, casing yang mengelilingi layar. Stiker ini biasanya berada di bagian bawah bezel, dekat engsel layar, saat layar Anda terbuka. Anda harus menemukannya di setiap sisi layar.
  1. Gunakan benda tajam dan runcing — seperti jarum atau peniti yang terbuka — untuk membantu melepaskan stiker penutup tanpa merusaknya. Tempelkan di antara tepi penutup dan bezel, lalu lepaskan stikernya. Setelah dilepas, letakkan penutup di tempat yang aman, dengan sisi yang lengket menghadap ke atas untuk membantu memastikan cukup lengket saat Anda memasangnya kembali.
  2. Gunakan obeng Anda untuk melepaskan sekrup yang sekarang terbuka. Ingat: kekiri-kekirian, kekiri-kekirian. Beberapa sekrup mudah dilepas; yang lain, tidak terlalu banyak. Tapi bergerak layar ke hanya posisi yang tepat biasanya mengekspos sekrup cukup untuk penghapusan.
  3. Mulailah mencungkil bezel layar dengan hati-hati dari sisi belakang casing layar. Tempelkan kuku atau benda tipis lainnya yang mencongkel ke dalam celah di sekitar bagian luar layar. Bingkai cincin biasanya diamankan ke casing belakang dengan kancing plastik, jadi berikan kekuatan saat mencongkel — tetapi jangan terlalu kasar. Anda akan mendengar bunyi pengencang saat mencongkel.
  4. Setelah Anda melepas bezel layar, mungkin mudah atau tidak mudah untuk melepasnya. Jika tidak, kemungkinan macet di sekitar engsel layar. Menggerakkan posisi layar ke atas atau ke bawah, dengan sedikit kekuatan jika perlu, akan membebaskannya sepenuhnya.
  5. Setelah bezel dilepas sepenuhnya, Anda akan menemukan LCD diamankan ke bingkai trim logam di sisi kiri dan kanan. Lepaskan kedua sekrup (satu di setiap sisi, di atas) yang menahan potongan bingkai trim ke casing layar belakang. Sekarang, Anda harus dapat mengangkat LCD (dengan potongan bingkai trim terpasang) sedikit dari casing layar belakang.
  6. Di setiap sisi bingkai trim, lepaskan semua sekrup yang menahannya ke LCD. Kebanyakan laptop memiliki tiga sekrup di setiap sisinya; namun, laptop kecil yang saya potret di sini tidak memiliki sekrup ini — LCD sebenarnya diamankan ke potongan bingkai trim dengan selotip di setiap sisi.
  7. Sekarang Anda harus dapat mengatur LCD menghadap ke bawah ke keyboard. Berhati-hatilah agar tidak terlalu membebani kabel video yang terpasang di bagian belakang LCD.
  8. Lepaskan kabel video dari bagian belakang LCD. Meskipun laptop yang saya potret di sini memiliki konektor di bagian paling bawah, kebanyakan laptop memiliki konektor di dekat bagian tengah. Jika demikian, perlu diingat bahwa bagian kabel yang mengalir ke bawah layar biasanya tersangkut di bagian belakang layar dengan sedikit perekat. Tarik perlahan kabel dari layar. Anda biasanya harus melepaskan selotip yang menahan konektor video ke bagian belakang layar juga. Ketika Anda sampai pada titik benar-benar menarik kabel video dari konektor layar, itu harus mencabut dengan sedikit tenaga.
  9. Setelah Anda sepenuhnya melepas LCD yang rusak, cukup letakkan yang baru menghadap ke bawah seperti yang Anda lakukan pada yang lama. Pasang kembali kabel video ke konektor dan tempatkan kabel dan selotip seperti pada yang lama.
  10. Atur layar baru ke atas di potongan bingkai trim samping, lalu kencangkan kembali seperti yang lama: biasanya tiga sekrup di setiap sisi potongan bingkai trim, dan kemudian sekrup di atas masing-masing untuk mengencangkannya ke layar belakang kasus.
  11. Saat Anda sampai pada titik memasang kembali bezel, cukup sejajarkan dan dorong / tekan bezel kembali ke dalam kancing casing layar belakang. Sebelum memasang kembali sekrup bezel, pastikan bezel telah terpasang dengan benar di tempatnya dan tidak ada retakan di sekitar tepi casing layar. Terakhir, gunakan pin atau jarum yang aman untuk memasang kembali penutup sekrup yang lengket.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda sekarang harus memiliki layar laptop baru yang mengkilap. Masukkan kembali baterai dan uji!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *